24 Juni 1990: Skandal 'Air Suci', Argentina Singkirkan Brasil

0
243
views

Bola Liga – Argentina dan Brasil bertemu dalam babak 16-besar Piala Dunia tepat pada 24 Juni 1990.Namun, bukan kemenangan Argentina yang hingga kini menjadi sorotan, melainkan sebuah insiden terkenal ‘holy water scandal’ (skandal air suci).
Hal tersebut dipaparkan oleh Branco, bek andalan Brasil kala itu. Dia sejatinya berhasil melakukan tugas untuk menutup celah Maradona sepanjang babak pertama. Alhasil, pemain Argentina tersebut selalu menemukan kebuntuan karena kawalan Branco.
Namun, memasuki babak kedua, Branco seakan kehilangan fokus. Penjagaan ketatnya atas Maradona mengendur. Benar saja. Pada menit ke-80, Maradona yang lepas dari kawalan sontak berlari kencang dan mengoper bola kepada Claudio Caniggia. Sang striker nyatanya menuntaskan tugas dengan baik. Tembakan Cannigia membuat skor 1-0 yang tak berubah hingga akhir. Brasil pun harus tersingkir dari turnamen.
Barulah usai pertandingan Branco mengaku. Saat jeda dia diberikan air minum oleh salah satu staf Argentina. Tepat setelah meminumnya, dia langsung merasa hilang konsentrasi. Hal itu yang membuatnya tak lagi fokus mengawal Maradona saat babak kedua.
Meski pernyataan Branco menuai kontroversi, beberapa tahun kemudian Maradona mengakuinya pada sebuah talk show  di televisi Argentina. Insiden ini pun kian memanaskan rivalitas kedua negara hingga kini. 

Berita bola berjudul 24 Juni 1990: Skandal 'Air Suci', Argentina Singkirkan Brasil semoga bisa menambah update bola anda hari ini, bagikan pada teman anda di facebook, Twitter dan lainnya supaya update Berita 24 Juni 1990: Skandal 'Air Suci', Argentina Singkirkan Brasil bisa lebih bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here