Alm. H. Andrie Amin dalam kenangan Nofi Sastera, Mantan Sekretaris Tim PSP Padang

0
152
views

Alm. H. Andrie Amin dalam kenangan Nofi Sastera, Mantan Sekretaris Tim PSP Padang Terbaru dari Bola Liga Alm. H. Andrie Amin dalam kenangan Nofi Sastera, Mantan Sekretaris Tim PSP Padang. Berita Sepak Bola terkini dari Bola Liga kali ini berbagi informasi bola terbaru dengan judul Alm. H. Andrie Amin dalam kenangan Nofi Sastera, Mantan Sekretaris Tim PSP Padang Sebagai tambahan Update terbaru hari ini, setelah anda membaca berita bola ini diharapkan anda bisa memberikan komentar yang sesuai atau berkaitan dengan isi berita yang kita bahas pada artikel ini, Bookmark dan tongkrongi terus halaman Bola Liga dan dapatkan bermacam berita sepak bola terbaru setiap harinya, Ok, tak perlu panjang lebar lagi berikut ini adalah ulasan lengkap dari Alm. H. Andrie Amin dalam kenangan Nofi Sastera, Mantan Sekretaris Tim PSP Padang :
Bola Liga

Padang, Bola Nasional – Sebuah kabar duka menyeruak di dunia maya. Tokoh sepakbola nasional H. Andrie Amin berpulang Rabu malam (25/11). Mantan Manajer Tim Nasional serta Manajer Klub Sepakbola Pelita Jaya ini telah pergi untuk selama-lamanya. Dia pergi di saat mana sepakbola Indonesia masih tak jelas ujung pangkal persoalannya hingga tak pasti siapa yang berkuasa untuk mengelola cabang olahraga idola ini.

Saya mungkin adalah orang yang sedikit banyak kenal dengan beliau, karena saya cukup lama ikut andil mengurus sepakbola di Ranah Minang ini. Bermula dari Sekretaris Tim PSP Padang di tahun 1996, saya mengenal pribadi Beliau lebih dekat. Sebagai pribadi yang kata orang Beliau biasa bermain di kalangan atas, ternyata itu tidak sepenuhnya saya rasakan. Beliau ternyata pribadi yang ramah dan suka berbagi pengalaman dan suka cita.

Ada satu kenangan tak terlupa yang masih hangat di memori saya tentang Beliau. Saat mana PSP Padang kembali ke Divisi Utama di tahun 1996, lawan pertama PSP adalah Pelita Jaya di Stadion Lebak Bulus. Sehari sebelum pertandingan Kami sempat bercerita banyak hal, termasuk ia dengan ramah memberikan nomor teleponnya. Katanya, untuk pertandingan besok, ia sebagai Manajer Tim dan Pengelola Pelita Jaya, hanya mencetak karcis pertandingan PSP vs Pelita Jaya sekitar 4.000 saja. Itu karena Pelita saat itu juga kurang berprestasi dan sering ditinggal penonton.

Tapi apa yang terjadi di lapangan? Penonton membludak. Stadion Lebak Bulus yang berkapasitas sekitar 20.000 orang penonton penuh. Bagaimana bisa terjadi, jika karcis yang dicetak hanya 4.000 lembar? Ternyata Stadion kebanggaan klub papan atas sepakbola Indonesia itu dijebol dindingnya oleh penonton yang membludak hadir ke lapangan. Bisa diduga, penonton yang datang memang warga Minang yang begitu antusias melihat klub kampungnya bisa berlaga di kasta tertinggi sepakbola Indonesia saat itu.

Kondisi stadion yang jebol, penonton yang begitu luar biasa mendukung PSP, ternyata juga membawa kegaduhan di lapangan. Pertandingan sempat dihentikan wasit. Ketua Harian PSP saat itu Bapak Yusman Kasim maju dan berbicara kepada penonton agar mereka tertib. Penonton masih saja bersorak. Saat itu lah Uda H. Andrie Amin kemudian tampil berbahasa Padang dan juga menyerukan hal yang sama, agar penonton bisa tenang dan tertib, agar pertandingan bisa dilanjutkan. Image selama ini bahwa Beliau lama di Jakarta dan terbiasa bergaul dengan kalangan atas, serta merta hilang dengan fasihnya bahasa Padang Uda H. Andrie Amin saat itu.

Pertandingan dilanjutkan. Ternyata PSP Padang menang 1-0 berkat gol jarak jauh kapten tim Joni Effendi. Sedang Pelita yang saat itu dihuni sejumlah pemain tenar seperti Kurniawan Julianto, Dejan Glucevic, dll termenung. Uda Haji sendiri, meski di satu sisi ia kecewa timnya Pelita Jaya kalah, namun di sisi lain ia juga bangga karena yang mengalahkan timnya adalah klub dari kampungnya sendiri dari Ranah Minang.

“Selamat buat PSP Padang. Mereka memang tampil luar biasa. Wajar jika PSP menang atas tim saya,” ujar Uda Haji saat diwawancarai wartawan di kamar ganti.

Hubungan baik saya dengan Uda Haji ternyata tak hanya sampai di situ. Selain tetap saling mengirim SMS ucapan Selamat Masuk Puasa, Selamat Lebaran, dll, Beliau tetap respek dengan telepon saya. Termasuk ketika di tahun 2002, saya menjadi Ketua Panitia Pertandingan Sepakbola Piala Gubernur II antar klub se Sumbar di lapangan PSTS Tabing. Selain meminta bantuan untuk turnamen yang dilaksanakan dengan modal dengkul (walau pun biayanya saat itu sudah mencapai angka di atas Rp 100 Juta), saya juga mengundang Beliau agar berkenan hadir menonton pertandingan. Jawaban Beliau saat itu hanya singkat saya, “Insya Allah ya Nof.”

Namun saya seperti juga teman-teman panitia dan penonton di Lapangan PSTS Tabing, terkejut luar biasa ketika Uda Haji ternyata datang dan hadir di lapangan. Tak lama memang. Hanya sekitar setengah jam karena ia harus ke kampungnya di Batusangkar. Tapi kehadirannya bagi saya, sangat luar biasa. Sungguh suatu kebanggaan tak terkira. Soalnya saya memang tidak menyangka kalau Beliau berkenan datang. Apalagi Beliau datang langsung membawa bantuan yang telah ia janjikan. Sedangkan saya hanya mengundang Beliau dengan telepon saja. “Sungguh pribadi yang luar biasa,” ujar saya dalam hati.

Ke-luarbiasa-an Beliau itu pulalah yang membuat saya terpaku membaca sebuah postingan di facebook pagi tadi tentang Beliau telah tiada. Ya, Beliau telah pergi meninggalkan kita semua. Meninggalkan sepakbola Indonesia yang masih carut marut dalam masalah. Bukan saya ingin mengatakan bahwa Beliau pasti bisa menyelesaikan masalah sepakbola Indonesia saat ini. Tapi mungkin yang ingin saya sampaikan adalah bahwa Indonesia memang butuh orang gila bola seperti Uda H. Andrie Amin ini. Orang gila bola yang sangat cinta sepakbola, memahami seluk beluk sepakbola dan juga peduli dengan pengembangan sepakbola usia muda.

Selamat jalan Uda Haji. Tuhan ternyata lebih menyayangi Uda. Dari lubuk hati yang dalam saya dan mungkin juga orang bola lainnya mendoakan semoga Uda diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Aamiinnn….

(Nofi Sastera adalah mantan Sekretaris Tim Sepakbola PSP Padang dan salah seorang jurnalis salah satu media olahraga nasional)

Berita Bola – m | Bola Liga
Sumber: Bola Nasional – Terima Kasih Anda telah menyimak Berita bola berjudul Alm. H. Andrie Amin dalam kenangan Nofi Sastera, Mantan Sekretaris Tim PSP Padang semoga bisa menambah info bola anda hari ini, bagikan pada teman anda di facebook, Twitter dan lainnya supaya update Alm. H. Andrie Amin dalam kenangan Nofi Sastera, Mantan Sekretaris Tim PSP Padang bisa lebih bermanfaat. Ikuti terus halaman bolaliga dan dapatkan berbagai Berita Bola setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here