Data dan Fakta Jelang Laga Juventus Vs Barcelona Final Liga Champions

0
258
views
Berita Bola
Berita Bola

Final Liga Champions akan segera digelar tanggal 7 juni 2015 mendatang Data dan Fakta Jelang Laga Juventus Vs Barcelona Final Liga Champions akan kita ulas bersama pada artikel ini sebagai satu-satunya laga besar yang tersisa dibulan ini yang mempertemukan dua raksasa sepak bola antara Juventus vs Barcelona yang akan menghibur kita dalam pergulatan Final Liga Champions,

Dua jawara liga di masing-masing negara, Juventus juara Liga Italia dan Barcelona juara Liga Spanyol akan bertanding dalam laga final Liga Champions di Olympiastadion, Berlin pada 6 Juni mendatang.

Berikut adalah beberapa fakta dan catatan menarik yang dirangkum Bisnis dari situs resmi UEFA perihal kedua klub yang perlu diketahui, jelang final di Jerman.

Juventus mengincar juara untuk ketiga kalinya dalam kejuaraan Liga Champions setelah terakhir kali mencapai final pada 12 tahun lalu, sementara Barcelona berambisi untuk menjadi juara kelima kalinya di Liga Champions.

Kedua pelatih, Massimiliano Allegri dan Luis Enrique sama-sama mempersembahkan juara liga di negara masing-masing dan membawa klubnya ke final Liga Champions. Allegri bersama Juventus, sementara Enrique bersama Barcelona.

Pertemuan Allegri dan Enrique sudah berlangsung sejak Enrique melatih Roma. Allegri yang ketika itu masih melatih AC Milan mengalahkan Enrique bersama Roma dengan skor masing-masing 3-2 di Roma dan 2-1 di San Siro, Milan. Namun, rekor Allegri tidak begitu bagus ketika bertemu Barcelona.

Allegri yang melatih AC Milan disingkirkan Barcelona dua kali berturut-turut di Liga Champions. Pada musim kompetisi 2011/2012 Allegri bersama AC Milan disingkirkan Barcelona dengan agregar 1-3 dan pada musim kompetisi 2012/2013 dengan agregat 2-4 untuk Barcelona.

Selama berkarir sebagai pemain, Luis Enrique dua kali disingkirkan Juventus pada Liga Champions yakni tahun 2002/2003 bersama Barcelona dan 1995/1996 bersama Real Madrid.

Terdapat empat pemain Juventus yang pernah merasakan menjadi juara Liga Champions yakni Andrea Pirlo (AC Milan 2003, 2007) Patrice Evra dan Carlos Tévez (Manchester United FC 2008), Álvaro Morata (Real Madrid CF 2014). Khusus untuk Buffon, Kiper Italia itu menjadi satu-satunya pemain Juventus yang pernah tampil pada final terakhir Juventus tahun 2003.

Di sisi lain, terdapat delapan pemain Barcelona yang pernah merasakan juara Liga Champions pada 2011 dan saat ini masih memperkuat klub Catalan itu yakni Daniel Alves, Gerard Piqué, Xavi Hernández, Andrés Iniesta, Javier Mascherano, Sergio Busquets, Pedro Rodríguez dan Lionel Messi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here