Deretan Sponsor Yang Berhasil Mengubah Nama Kompetisi Liga Indonesia

0
197
views

Deretan Sponsor Yang Berhasil Mengubah Nama Kompetisi Liga Indonesia Berita Sepak Bola terkini dari Bola Liga kali ini berbagi informasi bola terbaru dengan judul Deretan Sponsor Yang Berhasil Mengubah Nama Kompetisi Liga Indonesia Sebagai tambahan hari ini, setelah anda membaca berita bola ini diharapkan anda bisa memberikan komentar yang sesuai atau berkaitan dengan isi berita yang kita bahas pada artikel ini, tak perlu panjang lebar lagi berikut ini adalah ulasan lengkap dari Deretan Sponsor Yang Berhasil Mengubah Nama Kompetisi Liga Indonesia :

Seputarbola.net
Kompetisi Indonesia Super League (ISL) memiliki nama baru pada musim 2015. Itu setelah, pihak BV Sports selaku pemegang hak komersial kompetisi itu berhasil menjalin kesepakatan dengan salah satu Bank terbesar di Timur Tengah dan Afrika, Qatar National Bank Group (QNB Group).

Kerja sama tersebut akan berlangsung hingga musim 2017. Praktis, titel kompetisi ISL kini berubah menjadi QNB League. Ini bukan untuk pertama kalinya kompetisi kasta tertinggi di Indonesia mengalami perubahan nama, menyusul adanya sponsor utama yang bersedia mengeluarkan dana besar untuk mencantumkan namanya di titel kompetisi.

Ya, sejak era Liga Indonesia bergulir pada musim 1994/95, setidaknya ada lima sponsor (termasuk QNB) yang berhasil menjadikan produk mereka sebagai titel kompetisi.

Ketika format Liga Indonesia mulai digulirkan pada musim 1994/95, produk rokok Dunhill menjadi yang pertama sebagai sponsor utama. Tak ayal, titel Liga Dunhill pun sangat melekat di masyarakat pecinta sepakbola Indonesia pada periode 1994-1996.

Memasuki musim 1996/97, produk rokok lainnya Kansas mengambil alih titel kompetisi Liga Indonesia. Namun Liga Kansas hanya bertahan hingga 1997.

Setelah itu, Liga Indonesia untuk pertama kalinya tanpa sponsor utama. Itu tidak terlepas dari adanya situasi politik Indonesia yang tidak menentu. Bahkan, pada musim 1997/98 kompetisi terpaksa dihentikan.

PSSI pun mencoba membangun dan menata kembali kompetisi Liga Indonesia pada musim 1998/99. Hingga akhirnya pada musim 1999/00 PSSI kembali berhasil menjaring sponsor utama.

Namun berbeda dari sebelumnya, kali ini mereka berhasil menggaet sponsor dari Bank. Adalah Bank Mandiri yang berhasil mencantumkan nama mereka di kompetisi Liga Indonesia. Titel Liga Bank Mandiri pun bertahan hingga musim 2004.

Selanjutnya, pada musim 2005 Liga Indonesia kembali mendapatkan sponsor utama dari perusahaan rokok, yakni PT Djarum Tbk. Perusahan rokok tersebut berhasil mempertahankan produk mereka sebagai titel kompetisi hingga era ISL musim 2011/12.

Kerja sama antara PT Liga Indonesia dan PT Djarum berhenti lantaran adanya kebijakan dari Pemerintah terkait pembatasan iklan dan promosi produk tembakau. Kebijakan itu tercantum di salah satu pasal dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

Hingga akhirnya, PT Liga berhasil menjalin kesepakatan senilai Rp1,5 triliun untuk jangka waktu sepuluh tahun bersama BV Sports. Kerja sama ini dalam bentuk BV Sports yang berhak mengelola hak komersial ISL pada 2013-2023.

Setelah menjalani masa transisi usai konflik PSSI, pada musim 2015 BV Sports baru bisa mendapatkan sponsor utama untuk menghadirkan nama baru di ISL, yakni QNB Group. Nama QNB League pun bakal melekat di kompetisi kasta tertinggi Indonesia hingga musim 2017.

Sumber: Kabarbola – Terima Kasih Anda telah menyimak Berita bola berjudul Deretan Sponsor Yang Berhasil Mengubah Nama Kompetisi Liga Indonesia semoga bisa menambah info bola anda hari ini, bagikan pada teman anda di facebook, Twitter dan lainnya supaya update Deretan Sponsor Yang Berhasil Mengubah Nama Kompetisi Liga Indonesia bisa lebih bermanfaat. Ikuti terus halaman bolaliga dan dapatkan berbagai Berita Bola setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here