FIFA Sudah Buka Jalan, Jangan Salahkan FIFA Bila Sanksi Diperpanjang

0
129
views

FIFA Sudah Buka Jalan, Jangan Salahkan FIFA Bila Sanksi Diperpanjang Terbaru dari Bola Liga FIFA Sudah Buka Jalan, Jangan Salahkan FIFA Bila Sanksi Diperpanjang. Berita Sepak Bola terkini dari Bola Liga kali ini berbagi informasi bola terbaru dengan judul FIFA Sudah Buka Jalan, Jangan Salahkan FIFA Bila Sanksi Diperpanjang Sebagai tambahan Update terbaru hari ini, setelah anda membaca berita bola ini diharapkan anda bisa memberikan komentar yang sesuai atau berkaitan dengan isi berita yang kita bahas pada artikel ini, Bookmark dan tongkrongi terus halaman Bola Liga dan dapatkan bermacam berita sepak bola terbaru setiap harinya, Ok, tak perlu panjang lebar lagi berikut ini adalah ulasan lengkap dari FIFA Sudah Buka Jalan, Jangan Salahkan FIFA Bila Sanksi Diperpanjang :
Bola Liga

Bola Liga – –Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) sudah membuka ‘pintu’ atas keinginan pemerintah Indonesia untuk mereformasi tata kelola sepakbola dengan adanya pembentukan Tim Adhoc.

“FIFA itu sudah membuka ‘pintu’ untuk mewujudkan keinginan pemerintah mereformasi tata kelola sepakbola. Sekarang, semua keputusan berada di tangan pemerintah,” ujar mantan Komite Etik FIFA, Dali Tahir di Jakarta, kemarin.

Menurut Dali Tahir, pemerintah boleh-boleh menerima atau menolak usulan FIFA untuk bergabung dengan Tim Adhoc. “Kalau usulan FIFA tentang pembentukan Tim Adhoc diterima pemerintah berarti Indonesia bisa terbebas dari belenggu sanksi FIFA. Tapi, kalau pun pemerintah menolaknya tidak ada masalah. Konsekuensinya ya pemerintah harus bertanggung jawab terhadap masyarakat dan tidak menyalahkan PSSI dan FIFA jika sanksi berkepanjangan,” jelasnya.

Bukan hanya itu saja, kata Dali, pemerintah juga berhak membuat turnamen-turnamen selama dalam sanksi FIFA. Namun, turnamen itu tidak akan membuahkan hasil karena timnas Indonesia tidak diperkenankan mengikuti pertandingan internasional. “Jika terus sanksi berlanjut ya Indonesia saat menjadi tuan rumah tidak akan bisa menggelar pertandingan sepakbola karena AFC yang merupakan perpanjangan tangan FIFA dipastikan tidak bersedia menurunkan perangkat pertandingan,” jelasnya lagi.

Saat datang ke Jakarta, pekan lalu, delegasi FIFA/AFC sudah menjelaskan bahwa FIFA tetap berpegang teguh terhadap statutanya yang tidak memperkenankan adanya intervensi pemerintah.

Nasib sepakbola Indonesia semakin terpuruk jika sampai persoalan berkepanjangan hingga Kongres Tahunan FIFA yang dijadwalkan Mei 2016. “Kalau sampai itu terjadi maka sanksi FIFA tetap bertahan hingga Kongres Tahunan FIFA tahun 2017. Dan, Indonesia dikucilkan dalam sepakbola dunia,” katanya.

“FIFA itu punya 209 anggota termasuk Amerika, Rusia, Italia yang taat pada statuta,” tambahnya.
Mengenai alasan intervensi pemerintah karena prestasi sepakbola yang terpuruk, kata Dali, pemerintah harus melihatnya permasalah mandeknya prestasi secara jernih dan tidak langsung memvonis pengurus PSSI yang terpilih dalam KLB PSSI di Surabaya 2015.

“Bagaimana pemerintah bisa menilai kinerja pengurus PSSI yang belum bekerja sama sekali. Apalagi, PSSI dalam melaksanakan program pembinaan tanpa menggunakan dana APBN,” ujarnya. “Membangun prestasi sepakbola itu tidak segampang membalikkan telapak tangan.

Banyak faktor yang perlu diperhatikan. Bukan hanya sistem pembinaan disempurnakan dan pelaksanaan kompetisi yang berjenjang berkesinambungan tetapi kualitas SDM pelatih juga perlu lebih ditingkatkan. Dan, yang lebih penting lagi, pemerintah menyediakan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Semua itu kan bisa terwujud jika PSSI dan pemerintah saling menopang,” tambahnya.

Berita Bola – m | Bola Liga
Sumber: Bola Nasional – Terima Kasih Anda telah menyimak Berita bola berjudul FIFA Sudah Buka Jalan, Jangan Salahkan FIFA Bila Sanksi Diperpanjang semoga bisa menambah info bola anda hari ini, bagikan pada teman anda di facebook, Twitter dan lainnya supaya update FIFA Sudah Buka Jalan, Jangan Salahkan FIFA Bila Sanksi Diperpanjang bisa lebih bermanfaat. Ikuti terus halaman bolaliga dan dapatkan berbagai Berita Bola setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here