Ivan Toplak dan Kebersamaan Singkat dengan Timnas Merah Putih

0
218
views

Ivan Toplak dan Kebersamaan Singkat dengan Timnas Merah Putih Bolaliga.org Website Khusus Sepak bola yang mengulas Ivan Toplak dan Kebersamaan Singkat dengan Timnas Merah Putih serta Berita Bola Terupdate, Prediksi Skor Bola Jitu dan akurat serta jadwal bola yang akan terus diperbarui setiap harinya. Berita Sepak Bola terkini dari Bola Liga kali ini berbagi informasi bola terbaru dengan judul Ivan Toplak dan Kebersamaan Singkat dengan Timnas Merah Putih Sebagai tambahan Update terbaru hari ini, setelah anda membaca berita bola ini diharapkan anda bisa memberikan komentar yang sesuai atau berkaitan dengan isi berita yang kita bahas pada artikel ini, Bookmark dan tongkrongi terus halaman Bola Liga dan dapatkan bermacam berita sepak bola terbaru setiap harinya, Ok, tak perlu panjang lebar lagi berikut ini adalah ulasan lengkap dari Ivan Toplak dan Kebersamaan Singkat dengan Timnas Merah Putih :
Bola Liga

BolaLiga.org – Hari ini, 84 tahun yang lalu, Ivan Toplak lahir di Beograd, kota yang saat itu merupakan bagian dari negara Yugoslavia, kini Serbia. Ivan Toplak adalah salah satu pelatih asing yang pernah dipercaya menukangi timnas sepak bola Indonesia di awal era 90-an.

Sebagaimana dikutip dari arahbola.org, Toplak adalah pelatih berprestasi di Yugoslavia. Sukses membawa Yugoslavia merebut medali perunggu pada Olimpiade Los Angeles 1984, Toplak pun diboyong ke Indonesia pada tahun 1992.

Dengan kontrak senilai Rp300 juta untuk periode dua tahun, harapan segudang diletakkan pada bahu Toplak. Mantan striker itu dipercaya untuk membawa timnas Merah Putih lolos Piala Dunia, SEA Games, dan Olimpiade Atalanta.

Namun, minimnya waktu yang diberikan untuk menggenjot fisik dan mental para pemain timnas, tak cukup bagi Toplak. Ia pun gagal mempersembahkan prestasi bagi tim Merah Putih.

Kala itu, Toplak punya catatan penting buat timnas Indonesia. Rapuhnya organisasi dan kerja sama, serta individualisme yang cenderung menonjol, membuat Indonesia kerap harus pulang dengan tangan hampa di berbagai kompetisi.

Toplak merasa bahwa mentalitas para pemain perlu dibangun sejak dini. Oleh karena itu, pembentukan tim di bawah 16 tahun (U-16) perlu dipertimbangkan. Hanya beberapa bulan saja melatih timnas, Toplak digantikan pelatih Italia, Romano Matte.

Semasa masih menjadi pemain, Toplak bermain di posisi striker. Jebolan tim muda Branik Maribor ini mengawali karier seniornya di klub Olimpija Ljubljana.

Empat musim kemudian, ia hijrah ke klub Red Star Belgrade dan bertahan di sana hingga tujuh tahun lamanya. Gantung sepatu pada tahun 1961, Toplak terjun ke dunia kepelatihan pada tahun 1964 dan Red Star Belgrade jadi klub pertama yang ia asuh.

Dua tahun berselang, Toplak hijrah ke Amerika Serikat dan membina karier di sana hingga tahun 1975 bersama California Clippers, klub sepak bola Universitas Stanford, dan San Jose Earthquakes. Pulang ke kampung halaman pada tahun 1976, Toplak didapuk melatih timnas Yugoslavia.

 

Berita Bola bolaliga.org | Terbaru Hari Ini Sumber: Berita Bola dan Suarâdotcom Terima Kasih Anda telah menyimak Berita bola berjudul Ivan Toplak dan Kebersamaan Singkat dengan Timnas Merah Putih semoga bisa menambah info bola anda hari ini, bagikan pada teman anda di facebook, Twitter dan lainnya supaya update Ivan Toplak dan Kebersamaan Singkat dengan Timnas Merah Putih bisa lebih bermanfaat. Ikuti terus halaman bolaliga dan dapatkan berbagai Berita Bola setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here