Kapan Liga Indonesia ISL Kick Off ?

0
333
views

Kapan Liga Indonesia ISL Kick Off ? Berita Sepak Bola terkini dari Bola Liga kali ini berbagi informasi bola terbaru dengan judul Kapan Liga Indonesia ISL Kick Off ? Sebagai tambahan hari ini, setelah anda membaca berita bola ini diharapkan anda bisa memberikan komentar yang sesuai atau berkaitan dengan isi berita yang kita bahas pada artikel ini, tak perlu panjang lebar lagi berikut ini adalah ulasan lengkap dari Kapan Liga Indonesia ISL Kick Off ? :

Menpora: ISL Tak Bisa Kick-off 4 April Jika Syarat Dokumen Belum Lengkap
Liga Indonesia ISL – Menpora Imam Nahrawi menegaskan sikapnya soal rekomendasi bergulirnya Indonesia Super League 2015. Dia mempersilakan liga mulai bergulir pada awal April, tapi dokumen yang diminta sebagai syarat klub profesional tetap harus dipenuhi tanpa kecuali.
BOPI pada Senin (23/2/2015) malam WIB akhirnya mengeluarkan rekomendasi untuk memutar roda kompetisi ISL 2015. Rekomendasi itu keluar setelah BOPI dan PSSI bertemu dengan wakil ketua DPR bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Fahri Hamzah.
Dalam kesempatan itu CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, tidak mengungkapkan secara detil bagaimana klub-klub akan melengkapi syarat verifikasi yang tak kunjung terpenuhi. Joko malam tadi hanya menyebut kalau “verifikasi, standarisasi, dan lain sebagainya akan dikelola sebaik-baiknya dengan spirit kebersamaan untuk Indonesia yang lebih baik.”
Pemerintah melalui Menpora ternyata tidak sepenuhnya memberi lampu hijau pada ISL. Hanya beberapa jam setelah Joko menggelar pertemuan dengan wartawan, Kemenpora mengeluarkan siaran pers yang memastikan kalau ISL baru akan bisa dimulai jika syarat dokumen-dokumen yang diminta sudah dipenuhi. Menpora memastikan tidak akan memberikan toleransi andai syarat itu tak dipenuhi.
“Rencana PT Liga Indonesia untuk mengadakan kick off kompetisi ISL 2015 pada tanggal 5 April 2015 dapat diterima dengan SYARAT SELURUH DOKUMEN YANG DIPERSYARATKAN TETAP HARUS DIPENUHI SEBELUM KICK OFF TERSEBUT. Kalimat ini sangat jelas disampaikan oleh Kemenpora, dengan kata lain SAMA SEKALI TIDAK ADA PEMUTIHAN ATAS SELURUH DOKUMEN YANG DIPERSYARATKAN,” demikian bunyi siaran pers Kemenpora di situs resminya.
Menpora juga masih berpegang pada keputusan sebelumnya bahwa ISL bisa bergulir pada 4 Maret jika syarat sudah bisa dipenuhi. Keputusan memulai liga pada 4 April disebutnya merupakan langkah yang diambil sendiri oleh PT Liga dan sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab PT Liga.
Terkait FIFA, Menpora juga berencana untuk berkirim surat dengan otoritas sepakbola dunia itu demi memberi penjelasan secara obyektif. Surat tersebut akan dikirim pada akhir pekan ini
Berikut pernyataan lengkap Menpora soal kick-off ISL 2015 yang tertuang dalam siaran pers di situs resmi kemenpora.go.id:
1. Rencana PT Liga Indonesia untuk mengadakan kick off kompetisi ISL 2015 pada tanggal 5 April 2015 dapat diterima dengan SYARAT SELURUH DOKUMEN YANG DIPERSYARATKAN TETAP HARUS DIPENUHI SEBELUM KICK OFF TERSEBUT. Kalimat ini sangat jelas disampaikan oleh Kemenpora, dengan kata lain SAMA SEKALI TIDAK ADA PEMUTIHAN ATAS SELURUH DOKUMEN YANG DIPERSYARATKAN.
2. Bahwasanya sebelum tanggal 4 April 2015, kompetisi ISL 2015 akan mulai digulirkan, itu dimungkinan TETAPI SEJAUH PERSYARATANNYA DIPENUHI.
3. Sesuai keputusan BOPI pada tanggal 18 Pebruari 2015, penundaan adalah sampai dengan tanggal 4 Maret 2015 dan itupun tetap dengan syarat tergantung pemenuhan kewajiban yang telah ditetapkan pada PT Liga Indonesia.
4. Bahwasanya rencana mundurnya kompetisi ISL 2015 mulai 4 April 2015 adalah menurut PSSI dan PT Liga Indonesia karena untuk persiapan PSSI untuk berbagai event internasional dan juga secara bersamaan untuk memenuhi persyaratan yang dituntut BOPI (karena mengaku tidak bisa dipenuhi dalam waktu dekat) itu adalah urusan dan sepenuhnya tanggung-jawab PSSI dan PT Liga Indonesia.
5. Kemenpora dan BOPI TIDAK MERASA MELUNAK SIKAPNYA, karena jika melunak, mungkin setiap saat sebelum tanggal 4 Maret 2015 kick off itu bisa dilakukan. Sekali lagi ditegaskan, bahwa KEMENPORA DAN BOPI TETAP FIRM PADA SIKAPNYA SEMULA.
6. Apapun resiko dan dampak muti dimensional akibat penundaan hingga tanggal 4 April 2015 bukan tanggung jawab Kemenpora dan BOPI, tetapi sepenuhnya tanggung-jawab PSSI dan PT Liga Indonesia jika sewaktu-waktu ada yang mengeluh dan mempertanyakan.
7. Kemenpora meminta PSSI dan PT Liga Indonesia untuk tetap mematuhi pemenuhan kewajiban dalam melengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan secara lengkap. Sebaliknya, Kemenpora juga meminta BOPI untuk lebih pro aktif mengingatkan dan mensupervisi jika masih ada sejumlah kekurangannya.
8. Kemenpora tidak mengurungkan niat untuk berkirim surat kepada Pimpinan FIFA dengan menjelaskan berbagai persoalannya secara lengkap (tanpa ada yang ditutup-tutupi) dengan tujuan agar FIFA mengetahui permasalahannya secara obyektif. Surat tersebut akan dikirimkan paling lambat akhir minggu ini.
9. Kesepakatan BOPI dan PSSI secara bersyarat tersebut dibuat secara proporsional dan tidak karena adanya tekanan dari siapapun juga.
10. Namun demikian, masyarakat tetap diberi kesemp[atan untuk tetap mengkritisi dan mengawal kepatuhan dan keseriusan PSSI dan PT Liga Indonesia dalam memenuhi persyaratan-persyaratan yang dituntut BOPI. Sebaliknya, terhadap BOPI pun wajib dikritisi seandainya ada hal-hal yang dianggap merupakan pelanggaran atas komitmennya untuk menegakkan peraturannya.

Terima Kasih Anda telah menyimak Berita bola berjudul Kapan Liga Indonesia ISL Kick Off ? semoga bisa menambah info bola anda hari ini, bagikan pada teman anda di facebook, Twitter dan lainnya supaya update Kapan Liga Indonesia ISL Kick Off ? bisa lebih bermanfaat. Ikuti terus halaman bolaliga dan dapatkan berbagai Berita Bola setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here