Laga Jerman vs Ghana: "Diesel" Panas Siap Buang Kutukan Laga Kedua

0
184
views
Laga Jerman vs Ghana: “Diesel” Panas Siap Buang Kutukan Laga Kedua, Fortaleza: “Diesel” Jerman tampaknya tidak perlu dipanaskan lagi saat menghadapi Ghana di laga lanjutan Piala Dunia grup G, Sabtu (21/6/2014) atau Minggu dinihari WIB di Estadio Castelao, Fortaleza. Jerman perlu hati-hati, laga kedua selalu menjadi penjegal untuk memetik kemenangan.
Laga Jerman vs Ghana: "Diesel" Panas Siap Buang Kutukan Laga Kedua
Di pertandingan pertama kontra Portugal, Jerman menang dengan skor mengejutkan empat gol tanpa balas. Padahal, Portugal menyandang status sebagai salah tim raksasa Eropa. Diprediksi akan mendapat perlawanan sengit dari Seleccao das Quinas, Jerman tampil digdaya. Pemain muda Thomas Mueller menciptakan rekor sebagai pemain yang mencetak hattrick pertama di Piala Dunia 2014.
Terlepas dari kemenangan itu, Jerman tidak bisa memandang sebelah mata kekuatan Ghana. Raksasa Benua Hitam itu tetap mampu menghadirkan kejutan. Pada Piala Dunia 2010 lalu, Ghana mampu melangkah hingga perempatfinal. Langkah mereka terhenti di 8 besar setelah dikalahkan Uruguay melalui adu penalti.
Menilik rekor pertemuan, di atas kertas, Jerman masih lebih unggul dari Ghana. Jerman sempat mencukur Ghana 6-1 dalam pertandingan persahabatan 1993 silam. Pada Piala Dunia empat tahun lalu, Jerman harus bersusah payah mengalahkan Ghana. Gol tunggal Mesut Oezil menyelematkan “Der Panzer” dari hasil imbang.
Sejauh ini, dalam laga Piala Dunia melawan tim Afrika, Jerman hanya sekali menelan kekalahan kontra Aljazair pada 16 Juni 1982. Sejak Piala Dunia di Spanyol 32 tahun lalu, rekor Jerman empat kali meraih kemenangan atas tim Amerika dan memetik satu kemenangan. Namun perlu dicatat, Jerman selalu kesulitan meraih tiga angka di pertandingan kedua babak penyisihan grup. Sejak Piala Dunia 1994, Jerman selalu menelan kekalahan di periode itu.
Jerman hanya sekali meraih kemenangan di pertandingan kedua babak penyisihan grup saat menghadapi Polandia di kandang sendiri, pada Piala Dunia 2006. Di Piala Dunia 2010, “kutukan” itu kembali berlanjut. Jerman takluk dari tangan Serbia.
“Itu sudah menjadi peringatan buat Jerman. Kami sekarang tahu, menatap pertandingan kedua membutuhkan perhatian ekstra,” ujar pemain bertahan Jerman, Per Mertesacker sebagaimana dikutip Reuters.
Tapi sang pelatih memiliki tugas tidak mudah untuk menundukkan Ghana. Bek tangguh Matt Hummels kemungkinan absen karena mengalami cedera. Pemain Borussia Dortmund itu belum pulih 100 persen dari cedera paha. Untuk menambal pos yang ditinggalkan Hummels, memberikan kesempatan pada bek Shkodran Mustafi bisa menjadi pilihan kendati minim jam terbang.
Cara lain menggeser Jerome Boateng ke tengah, dan memberikan posisi bek kanan kepada Lahm dan menempatkan Sami Khedira sebagai gelandang jangkar; pos yang kini ditempati Lahm.
Loew sendiri menyadari, performa Jerman menurun memasuki pertandingan kedua. “Kami harus berhati-hati dan fokus jangan sampai momen Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010 terulang. Menang di pertandingan pertama dan kalah di laga kedua,” ujar dia dilansir dari The Guardian.
“Kami baru melihat, Italia kalah dari Kosta Rika setelah di laga pertama menang atas Inggris dan Belanda nyaris kalah dari Australia. Satu kemenangan tidak cukup sehingga kami harus tetap fokus.”
Kendati Ghana mendapatkan kekalahan di pertandingan pertama, sang pelatih Kwesi Appiah menyebut, laga kontra Jerman menjadi ajang untuk mengukur kekuatan. Ghana tampil menjanjikan saat menghadapi Amerika Serikat namun harus menuai kekalahan 1-2.
“Kami telah banyak belajar. Terlebih setelah melihat fakta, kami terlalu banyak membuang peluang karena buruknya sentuhan akhir. Meskipun semua lini telah menjalankan instruksi dengan baik,” tutur Appiah.
Dilansir dari Opta, Ghana gagal menjaga clean-sheet (tidak kebobolan) dalam lima pertandingan terakhir di Piala Dunia. Empat dari enam gol Piala Dunia terakhir di Piala Dunia tercipta melalui set-pieces, termasuk saat Amerika menjebol gawang Ghana di laga perdana Piala Dunia 2014. Artikel terkait: Prediksi Skor Jerman vs Ghana 22 Juni 2014

Berita bola berjudul Laga Jerman vs Ghana: "Diesel" Panas Siap Buang Kutukan Laga Kedua semoga bisa menambah update bola anda hari ini, bagikan pada teman anda di facebook, Twitter dan lainnya supaya update Berita Laga Jerman vs Ghana: "Diesel" Panas Siap Buang Kutukan Laga Kedua bisa lebih bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here