Laga Pelipur Lara Timnas U-19

0
207
views

Bola Liga – Harapan besar publik sepakbola nasional kepada Timnas Indonesia U-19 berakhir tragis. Dipatok target masuk 4 besar, Evan Dimas Cs justru tersingkir di babak penyisihan Piala Asia (AFC Cup) U-19 2014.

Timnas U-19 dipastikan tersingkir setelah mereka kalah 0-1 dari Australia di laga kedua penyisihan pada Minggu kemarin, 12 Oktober 2014. Sebelumnya, Timnas U-19 kalah 1-3 dari Uzbekistan di laga perdana.

Dengan dua kekalahan ini, Timnas U-19 menduduki posisi buncit di klasemen sementara grup B dengan 0 poin. Sementara posisi satu dan dua dihuni Uzbekistan dan Australia yang sama-sama mengantongi 4 poin.

Alhasil, meski masih menyisakan satu laga terakhir, Timnas U-19 dipastikan tersingkir. Karena tiga poin tersisa yang diperebutkan tidak bakal membuat Timnas U-19 menembus posisi dua teratas.

Tak pelak, hasil mengecewakan ini membuat satu pemain Timnas Indonesia U-19 meminta maaf atas kegagalan yang mereka tuai di Piala Asia 2014. Impian ke Piala Dunia U-20 pada 2015 pun harus sirna.

Usai dipastikan tersingkir, pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri langsung ‘pasang badan’ dan bertanggungjawab atas hasil buruk ini. Dia pun berharap para pemainnya tidak dijadikan kambing hitam.

“Memang ini sudah jalan dari Tuhan untuk kita. Kami sudah berupaya dan gagal. Saya siap bertanggung jawab dalam bentuk apa pun,” ujar Indra dalam konferensi pers yang dihadiri Bola Liga.

“Para pemain jangan disalahkan. Kasihan mereka, mereka sudah melakukan yang terbaik yang mereka punya. Ini bukan aib, kami akan menegakkan kepala lagi untuk berbenah lagi untuk sepakbola Indonesia,” sambungnya.

Berharap Akhir Bagus

Meski sudah dipastikan tersingkir, namun perjuangan Timnas U-19 belum berakhir. Mereka masih harus melakoni laga terakhir penyisihan melawan Uni Emirat Arab (UEA), Selasa, 14 Oktober 2014.

Timnas U- 19 tentu berharap mengakhiri Piala Asia 2014 dengan akhir yang bagus sekaligus sebagai pelipur lara atas kegagalan cepat mereka di kompetisi paling bergengsi se-Asia untuk tingkat U-19.

“Setiap pertandingan di kompetisi ini sangat penting. Termasuk pertandingan melawan UEA nanti (meski Indonesia sudah pasti tersingkir),” kata Indra Sjafri kepada wartawan.

Indonesia pun diharapkan bisa bermain seperti saat melawan Australia. Meski kalah 0-1, statistik permainan Garuda Jaya tdak terlalu menggecewakan. Mereka sempat menguasai jalannya laga di babak pertama dan awal paruh kedua.

Secara statistik yang dilansir Labbola, tiga lini permainan Indonesia tampil cukup baik. Bahkan ada beberapa pemain yang tampil menonjol sepanjang penampilannya di lapangan hijau.

Akurasi tendangan Muchlis Hadi Ning tercatat 100 persen, dua tendangan ke arah gawang. Sayang, tendangannya masih bisa dimentahkan kiper Australia yang tampil menawan.

Di lini tengah, Evan Dimas juga mencatatkan akurasi operan yang sangat baik. Dari 50 kali operan hanya enam kali saja gagal menemui sasaran. Sebuah tendangan ke arah gawang juga dicatatkannya.

Pada lini belakang, I Putu Gede mencatatkan statistik terbaik. Meski kurang rajin membantu serangan, bek asal Bali ini tampil solid di belakang dengan melakukan 94 persen akurasi tekel.

Namun tekad Timnas U-19 diprediksi bakal mendapat perlawanan ketat dari UEA yang juga memburu kemenangan demi menjaga peluang lolos babak knockout. Sehingga laga terakhir menjadi laga ‘hidup-mati’ buat UEA.

UEA saat ini berada di peringkat tiga klasemen dengan koleksi 2 poin. Hanya tertinggal 2 poin dari Uzbekistan dan Australia yang bakal ‘bunuh-bunuhan’ juga di laga terakhir, Selasa 14 Oktober 2014.

Pelatih UEA Abdullah Misfer mengungkapkan, walau Indonesia sudah dipastikan tersingkir, bukan berarti laga akan berlangsung mudah. Sebab itu justru bisa menyulitkan UEA karena Indonesia akan bermain tanpa beban.

“Masalahnya, kami akan melawan Indonesia yang sudah tidak memiliki beban apa-apa. Indonesia akan bermain lepas yang akan menyulitkan kami,” kata Misfer yang tetap waspada jelang melawan Indonesia.

Berikut ini jadwal pertandingan terakhir grup B Piala Asia (AFC Cup) U-19 2014, Selasa 14 Oktober 2014:

Uzbekistan vs Australia – 18.30 WIB
Stadion Thuwunna, Yangon
Uni Emirat Arab vs Indonesia – 18.30 WIB
Stadion Wunna Theikdi, Nay Pyi Taw

Lihat artikel menarik lainnya di tautan ini.

Bola Liga Terima Kasih Anda telah menyimak Berita bola berjudul Laga Pelipur Lara Timnas U-19 semoga bisa menambah info bola anda hari ini, bagikan pada teman anda di facebook, Twitter dan lainnya supaya Berita Bola Laga Pelipur Lara Timnas U-19 bisa lebih bermanfaat. Ikuti terus halaman bolaliga dan dapatkan berbagai Berita Bola TerKini setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here