Pecinta Sepakbola Nasional Adukan BOPI ke LBH Besok

0
203
views

Pecinta Sepakbola Nasional Adukan BOPI ke LBH Besok Terbaru dari Bola Liga Pecinta Sepakbola Nasional Adukan BOPI ke LBH Besok. Berita Sepak Bola terkini dari Bola Liga kali ini berbagi informasi bola terbaru dengan judul Pecinta Sepakbola Nasional Adukan BOPI ke LBH Besok Sebagai tambahan Update terbaru hari ini, setelah anda membaca berita bola ini diharapkan anda bisa memberikan komentar yang sesuai atau berkaitan dengan isi berita yang kita bahas pada artikel ini, Bookmark dan tongkrongi terus halaman Bola Liga dan dapatkan bermacam berita sepak bola terbaru setiap harinya, Ok, tak perlu panjang lebar lagi berikut ini adalah ulasan lengkap dari Pecinta Sepakbola Nasional Adukan BOPI ke LBH Besok :
Bola Liga

Bola Liga-Segenap Pecinta Sepakbola Nasional  rencananya besok, Jumat (13/11) akan mendatangi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Universitas Indonesia (UI). Kedatangan PSN ini akan mengadukan Keberadaan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) kepada LBH UI tersebut.

Berikut rilis pernyataan yang disampaikan kepada media, Koordinator Pecinta Sepakbola Nasional, Rio Vereiza, mengatakan bahwa BOPI merupakan lembaga yang didirikan oleh Pemerintah melalui Permenpora Nomor 0009/2015. Pasal 87 ayat 3 UU Sistem Keolahragaan Nasional (UU SKN) menyatakan bahwa, Pengawasan dan pengendalian olahraga profesional dilakukan oleh Lembaga Mandiri yang dibentuk oleh Pemerintah.

“Yang menjadi pertanyaan adalah apakah BOPI layak disebut sebagai Lembaga Mandiri? Dimana dalam Pasal 2 ayat (1) dan (3) Permenpora No. 009/2015, secara jelas disebutkan bahwa BOPI merupakan lembaga mandiri pembantu Menteri dalam pembinaan dan pengembangan olahraga profesional di Indonesia, serta dalam melaksanakan tugasnya, BOPI bertanggung jawab kepada Menteri,” kata Rio

Rio menambahkan bahwa disamping itu, dalam Penjelasan Pasal 58 ayat (2) UU SKN, dijelaskan juga  bahwa, yang dimaksud dengan lembaga mandiri dalam ketentuan ini (Ps. 87 ayat 3 UU SKN) adalah lembaga yang dalam pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangannya bebas dari pengaruh dan intervensi Pemerintah, Pemerintah Daerah, atau pihak manapun.

“Kaitannya dengan Sepakbola adalah wewenang-wewenang yang dimiliki oleh BOPI lewat Permenpora tadi telah menabrak UU SKN, dimana dalam Pasal 29 ayat 2 UU SKN dinyatakan bahwa Pembinaan dan Pengembangan olahraga profesional dilakukan oleh Induk Organisasi Cabang Olahraga dan/atau organisasi olahraga profesional, yang tentu saja dalam hal ini bukan lah BOPI,” lanjutnya.

Terlebih lagi dalam pelaksanaannya, BOPI melalui Permenpora juga juga diberi kewenangan mengeluarkan rekomendasi perizinan kegiatan (pembinaan dan pengembangan) olahraga profesional, yang sekali lagi dalam UU SKN maupun pelaksananya yaitu PP 17/2007, telah memberikan wewenang itu kepada Induk Organisasi Olahraga yang bersangkutan.

Pecinta Sepakbola Nasional, menilai, bahwa pembentukan BOPI tidak sesuai dengan amanat UU SKN, dimana wewenang BOPI seharusnya adalah wewenang Induk Organisasi Cabang Olahraga terkait. Maka dari itu, kami berpendapat bahwa keberadaan BOPI telah menimbulkan konflik panjang sehingga menurut kami hal itu telah mencederai semangat sepakbola nasional yang amat kami cintai.

“Dan berangkat dari hal itulah, kami Pencinta Sepakbola Nasional, berinisiatif mengadukan ketimpangan hal  ini kepada Lembaga Bantuan Hukum Universitas Indonesia (LBH-UI), yang bertempat di Fakultas Hukum UI Depok. Yang dimana kami mempercayai lembaga ini untuk menjadi representatif kami dalam melakukan upaya-upaya selanjutnya terkait pengaduan yang sudah kami jabarkan di atas, dimana menurut kami, telah ada peraturan yang saling bertabrakan sehingga dapat dikatakan keberadaan BOPI melalui Permenpora ini telah bertentangan dengan peraturan di atasnya (UU SKN) ,”tutupnya

Berita Bola – m | Bola Liga
Sumber: Bola Nasional – Terima Kasih Anda telah menyimak Berita bola berjudul Pecinta Sepakbola Nasional Adukan BOPI ke LBH Besok semoga bisa menambah info bola anda hari ini, bagikan pada teman anda di facebook, Twitter dan lainnya supaya update Pecinta Sepakbola Nasional Adukan BOPI ke LBH Besok bisa lebih bermanfaat. Ikuti terus halaman bolaliga dan dapatkan berbagai Berita Bola setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here