Persib Tantang Persipura di Final ISL 2014

0
183
views

Berita Bola: Persib Tantang Persipura di Final ISL 2014 Info Bola terbaru dari Bola Liga Persib Tantang Persipura di Final ISL 2014 –

Persib Tantang Persipura di Final ISL 2014

Lewat perpanjangan waktu dan gol di menit akhir, Persib Bandung berhasil melangkah ke final ISL 2014.

Persib Bandung berhasil melangkah ke final Indonesia Super League 2014 , usai menekuk Arema Cronus pada partai semi-final di Stadion Jakabaring, Palembang, Selasa (3/11) malam.

Arema sebenarnya berhasil unggul lebih dulu lewat sepakkan indah Alberto Goncalves di awal babak kedua, buah dari kesalahan Vladimir Vujovic dan Tony Sucipto. Tapi kegigihan  Maung Bandung  dan upaya Vujovic menebus ‘dosanya’ membuat mereka mampu menyamakan kedudukan jelang waktu normal usai.

Sedangkan Arema yang berusaha keras untuk kembali memimpin kesulitan karena hilangnya sosok kreator Gustavo Lopez dan Ahmad Bustomi, yang ditarik keluar Suharno ketika  Singo Edan  masih unggul.

Dan pada perpanjangan waktu, Arema benar-benar terhukum oleh dua gol Persib yang masing-masing diciptakan Atep dan Makan Konate. Untuk mengantar Persib melangkah ke final bertemu Persipura, 7 November nanti.

Babak Pertama 

Tempo cepat langsung nampak di laga ini, meski keadaan Stadion Jakabaring diselimuti asap tipis. Baik Persib Bandung mau pun Arema Cronus tak segan mengambil inisiatif serangan, bahkan kedua bek sayap Arema sangat amat rajin melakukan penetrasi. Di sisi kanan Thierry Gathuessi dan di kiri ada Alfarizi.

Tantan sempat merepotkan barisan belakang Arema lewat determinasinya di sisi kanan, meski dengan susah payah dan jatuh bangun, akhirnya laju Tantan mampu diadang Victor Igbonefo.

Menit 21′ Made Wirawan melakukan kesalahan yang tak perlu ketika menguasai bola di kotak penalti. Kiper timnas Indonesia itu nyaris dirampas Cristian Gonzales dan dibuang menuju kaki Ahmad Bustomi. Beruntung tembakkan jarak jauh Bustomi lemah melenceng dari sasaran.

Ketika laga berjalan nyaris setengah jam, permainan Persib mulai lentur dan intens mengancam Arema. Tantan jadi sosok yang membuat repot lini belakang  Singo Edan  malam ini. Eks Sriwijaya FC itu sempat melepaskan dua tembakkan masing-masing menit ke-27 dan 34′. Yang keduanya tipis melenceng dari target.

Pertahanan kokoh dan solid diperagakan Persib, yang membuat Arema sulit menciptakan peluang matang di dalam kotak penalti. Sadar akan hal tersebut, Gonzales dan Gustavo Lopez sempat berinisiatif melepaskan sepakkan jarak jauh. Yang keduanya masih belum bisa menjebol gawang kawalan I Made Wirawan.

Hingga rehat, tempo tinggi dalam laga ini tetap terjaga. Tapi sayangnya, kendati laga berjalan sengit tetap tak mampu membuahkan skor di paruh pertama .

Babak Kedua 

Terapi kejut diberikan Arema ketika babak kedua baru berjalan. Kecerdasan Gustavo melahirkan umpan terbosan indah kepada Beto Goncalves, yang juga cerdik melihat ruang kosong dari kawalan Tony Sucipto. Vladimir Vujovic sempat menghalau bola, tapi tindakkannya salah dan gagal menghalangi usaha Beto meluncurkan bola ke sisi kanan gawang Persib. 1-0 Arema memimpin di menit 46′!

Usai kejebolan, Persib seakan hilang arah. Koordinasi baik yang mereka tunjukkan di paruh pertama seakan luntur. Trio Gonzales, Goncalves dan Gustavo Lopes tak sulit melakukan kreasi di luar kotak penalti Persib. Djajang Nurjaman pun melihat keadaan itu, dan memasukkan Hariono menggantikan Taufiq, untuk menjadi filter Persib di lini tengah.

Laga berjalan satu jam dan Persib mulai rajin meneror Arema. Makan Konate, Tantan dan Ferdinand jadi yang sibuk menekan pertahanan Arema. Tapi pertahanan Arema malam ini begitu gigih, lini tengah rajin turun membantu pertahanan dan cukup membuat Persib yang sering menyerang dengan minim orang gigit jari.

Kegigihan Persib akhirnya terbayar di menit 83′! Di mana Vujovic membayar lunas kesalahannya dengan membuat gol penyeimbang. Sepak pojok yang menciptakan kemelut di kotak penalti Arema mampu dimanfaatkan bek jangkung asal Montenegro tersebut dengan tendangan kerasnya.  Game on!  Laga pun makin menarik.

Usai menciptakan gol balasan, Persib nampak lebih semangat. Keadaan berbalik untuk Arema, karena kini mereka tanpa sosok Bustomi dan Gustavo, yang sejatinya  playmaker  mereka. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal usai. Dan laga dilanjutkan perpanjangan waktu.

Perpanjangan Waktu 

Begitu babak tambahan dimulai, giliran Arema yang dibuat Persib terkejut. Umpan Makan Konate menerobos sisi kanan di mana Atep datang menyambar. Pemain pengganti itu pun tanpa kawalan dan tak sulit menjebol gawang Ahmad Kurniawan untuk membawa Persib unggul dari Arema di menit 91′.

Arema berusaha bangkit, namun sulit, tak lepas dari minimnya kreasi menyusul digantinya Bustomi dan Gustavo. Sedangkan Persib berulang kali membuat Ahmad Kurniawan kerepotan di bawah mistar gawang. Dari mulai Makan Konate hingga Ferdinand Sinaga terus mengintimidasi lini belakang Arema. Skor 2-1 bertahan untuk Persib hingga babak pertama usai.

Paruh kedua perpanjangan waktu, Arema nampak total dengan menaruh banyak pemain di daerah Persib. Namun hal tersebut justru membuat Persib lebih mematikan kala melakukan serangan balik, Purwaka Yudi yang seorang diri menemani Ahmad Kurniawan terus dibuat kewalahan.

Dan pada menit 112′, Makan Konate menjauhkan keunggulan Persib atas Arema. Kali ini Alfarizi berbuat kesalahan dengan melakukan  back-pass  lemah kepada Kurniawan. Konate yang tak terlihat lelah pun gesit mengejar bola, melewati kiper dan menceploskan bola ke gawang Arema. 3-1 untuk Persib.

Memimpin dua gol, Persib pun mengendurkan agresivitas mereka. Sedangkan Arema habis-habisan menekan sampai-sampai tak menyisakan pemain di daerah sendiri. Tapi sayang, itu tak cukup untuk mengubah papan skor. Dan Persib pun lolos ke final dengan kemenangan 3-1 atas  Singo Edan .

Susunan Pemain  :

Persib Bandung : I Made Wirawan (GK), Supardi Nasir, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Tony Sucipto, Taufiq (58′ Hariono), Firman Utina, Makan Konate, M Ridwan, Tantan (76′ Atep), Ferdinand Sinaga.
Cadangan : Shahar Ginanjar, Agung Pribadi, Jajang Sukmara, Abdurahman, Jibril Coulibaly.

Arema Cronus : A Kurniawan (GK), Victor Igbonefo, Purwaka Yudi, Thierry Ghatuessi (77′ Benny Wahyudi), Alfarizi, Juan Revi, Gustavo Lopez (78′ I Gede Sukadana), Ahmad Bustomi (86′ Samsul Arif), Hendro Siswanto, Alberto Goncalves, Cristian Gonzales.
Cadangan : I Made Wardana, Jimi Suparno, Dendy Santoso, Sunarto. Terima Kasih Anda telah menyimak Berita bola berjudul Persib Tantang Persipura di Final ISL 2014 semoga bisa menambah info bola anda hari ini, bagikan pada teman anda di facebook, Twitter dan lainnya supaya Berita Bola Persib Tantang Persipura di Final ISL 2014 bisa lebih bermanfaat. Ikuti terus halaman bolaliga dan dapatkan berbagai Berita Bola TerKini setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here