Tito Vilanova, Sosok yang Bikin Messi Mikir Dua Kali Buat Pindah

0
159
views

Tito Vilanova, Sosok yang Bikin Messi Mikir Dua Kali Buat Pindah Bolaliga.org Website Khusus Sepak bola yang mengulas Tito Vilanova, Sosok yang Bikin Messi Mikir Dua Kali Buat Pindah serta Berita Bola Terupdate, Prediksi Skor Bola Jitu dan akurat serta jadwal bola yang akan terus diperbarui setiap harinya. Berita Sepak Bola terkini dari Bola Liga kali ini berbagi informasi bola terbaru dengan judul Tito Vilanova, Sosok yang Bikin Messi Mikir Dua Kali Buat Pindah Sebagai tambahan Update terbaru hari ini, setelah anda membaca berita bola ini diharapkan anda bisa memberikan komentar yang sesuai atau berkaitan dengan isi berita yang kita bahas pada artikel ini, Bookmark dan tongkrongi terus halaman Bola Liga dan dapatkan bermacam berita sepak bola terbaru setiap harinya, Ok, tak perlu panjang lebar lagi berikut ini adalah ulasan lengkap dari Tito Vilanova, Sosok yang Bikin Messi Mikir Dua Kali Buat Pindah :
Bola Liga

BolaLiga.org – Hari ini, 46 tahun yang lalu, Tito Vilanova lahir di Bellcaire d’Empordà, Spanyol. Pemilik nama lengkap Francesc “Tito” Vilanova i Bayo ini adalah mendiang asisten pelatih Barcelona yang mempersembahkan 14 gelar bagi tim Katalan.

Tahun 2012 jadi awal kariernya sebagai pelatih Azulgrana, menggantikan Pep Guardiola yang memutuskan berhenti. Di bawah asuhannya, Barcelona meraih gelar La Liga untuk ke-22 kalinya. Namun, baru semusim melatih, penyakit yang menggerogoti tubuhnya memaksanya menyerahkan kursi pelatih Barca kepada Gerardo Martino.

Vilanova pun akhirnya tutup usia pada 25 April 2014 karena komplikasi kanker kelenjar parotis. Jadi salah satu sosok yang dihargai oleh pemain, ofisial, hingga fans, nama Vilanova diabadikan jadi nama stadion latihan Barca.

Vilanova mengawali kariernya di lapangan hijau sebagai pemain. Vilanova pernah bergabung dengan tim muda Barcelona. Tak kunjung menembus tim utama, Vilanova pilih hengkang dari Barca. Vilanova mencoba peruntungan di UE Figueres dan membawa tim kasta kedua itu finis di peringkat tiga Divisi Dua Spanyol.

Pindah ke tim divisi utama Celta de Vigo, Vilanova lagi-lagi tak dapat peluang tampil di tiga musimnya. Angkat kaki dari Celta de Vigo, Tito kembali turun kasta, bergabung dengan Badajoz, lalu pindah ke Mallorca, dan berturut-turut ke Lleida dan Elche. Tahun 2001, ia memutuskan pensiun setelah setahun memperkuat UDA Gramenet.

Tahun 2003, Vilanova terjun ke dunia kepelatihan. Ia menangani Palafrugel, sebuah tim divisi empat Spanyol. Layaknya orang yang baru belajar di bidang baru, timnya terlempar ke Primera Catalana, kasta kompetisi Spanyol yang lebih rendah. Pintu kesuksesan itu mulai terbuka baginya saat menjadi asisten Pep Guardiola di Barcelona B. Tahun 2008, duet Pep dan Vilanova dipromosikan ke tim utama Barca. Musim pertama, keduanya mempersembahkan enam trofi. Di bawah asuhan mereka, Blaugrana jadi klub La Liga pertama yang merengkuh treble, yakni trofi Copa del Rey, gelar La Liga, serta trofi Liga Champions.

Vilanova dikenal punya hubungan dekat dengan para pemainnya, tak terkecuali Lionel Messi, sang bintang Barcelona. Bahkan konon, Messi sampai enggan meninggalkan Barca hanya karena menuruti permintaan terakhir Vilanova sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Berita Bola bolaliga.org | Terbaru Hari Ini Sumber: Berita Bola dan Suarâdotcom Terima Kasih Anda telah menyimak Berita bola berjudul Tito Vilanova, Sosok yang Bikin Messi Mikir Dua Kali Buat Pindah semoga bisa menambah info bola anda hari ini, bagikan pada teman anda di facebook, Twitter dan lainnya supaya update Tito Vilanova, Sosok yang Bikin Messi Mikir Dua Kali Buat Pindah bisa lebih bermanfaat. Ikuti terus halaman bolaliga dan dapatkan berbagai Berita Bola setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here