Bolaliga.org – [TOP 5] Calon Potensial Pengganti Wayne Rooney Di Manchester United,

Berita Liga Inggris, Manchester – Pencetak gol sepanjang masa Manchester United, Wayne Rooney dikabarkan sedang di ambang pintu keluar Old Trafford di bursa transfer musim panas mendatang. Hal itu dipicu akibat minimnya jumlah menit bertanding skipper United musim ini.

Rooney kini hanya menjadi pemain pelapis di skuat Setan Merah di bawah asuhan Jose Mourinho. Ia lebih banyak menghabiskan waktunya di bangku cadangan dan ruang perawatan akibat seringnya mendapat cedera.

Melihat hal itu, ada sejumlah klub yang dikabarkan tertarik untuk menampung Wazza dan salah satunya adalah klub masa kecilnya Everton. Rooney dalam beberapa tahun terakhir berubah posisinya menjadi seorang gelandang serang, padahal di awal kemunculannya ia lebih sering bertindak sebagai seorang striker.

Tak ada keraguan bahwa kehilangan sosok ikonik akan membuat para pendukung Setan Merah merasakan kesedihan. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada pengabdian Wayne Rooney bersama Manchester United, berikut kami hadirkan lima calon potensial yang bisa menggantikan perannya.

1. Ross Barkley

Nama gelandang serang kelahiran kota Liverpool ini memang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga para penikmat sepakbola. Ross Barkley. Dia musim ini menjelma menjadi sosok penting di skuat Everton, perannya begitu vital dalam melancarkan serangan The Toffees.

Pemain berusia 23 tahun memulai musim dengan brilian, setelah sempat kesulitan di beberapa tahun belakangan karena masalah cedera yang kerap menghampirinya. Ia menemukan kembali permainan terbaiknya di bawah asuhan pelatih karismatik, Ronald Koeman.

Diberkahi dengan kemampuan kecepatan, kekuatan dan teknik yang luar biasa, Barkley menjadi salah satu talenta yang tidak bisa diragukan di sepakbola Inggris sekarang ini. Bersama dengan Lukaku, Barkley penampilannya sangat krusial atas kebangkitan Everton di pergantian tahun ini.

Kreativitasnya, kemampuan umpan jarak jauh yang menawan serta kemampuan menggiring bola mendapat banyak pujian dari para pengamat sepakbola dan juga para fans.

Bukan perkara sulit untuk Red Devils mendaratkan Barkley di Old Trafford, hal itu mengacu dengan pengalaman mereka mendatangkan Wayne Rooney pada tahun 2004 lalu. Kita lihat saja apa yang akan terjadi dengan masa depan Barkley di akhir musim nanti.

2. Angel Gomes

Angel Gomes-Man United

Manchester United memiliki tradisi bahwa mereka sering menciptakan pemain bintang dari lulusan akademi mereka. Pemain yang sangat bertalenta yang ada di akademi United dan sudah bersinar bersama timnas Inggris U-18, Angel Gomes. Masih berusia 16 tahun, talenta alami dan potensi dari Gomes sudah membuat pemandu bakat Barcelona kepincut, bahkan kabarnya Barca siap memboyongnya.

Gomes memiliki tipe permainan yang sama seperti Rooney, di mana ia merupakan seorang pemain versatile atau serba bisa bermain di berbagai posisi seperti striker, sayap, dan bahkan playmaker. Menariknya, ia merupakan sepupu dari mantan pemain United Luis Nani.

Namun, Gomes yang berdarah Portugal lebih memilih bermain bersama timnas Inggris, dan pernah menjabat sebagai kapten U-16. Persisnya di masa mendatang, Mourinho akan terus meliha perkembangan Angel Gomes.

Memang terlalu dini untuknya, tetapi lihatlah apa yang terjadi dengan Marcus Rashford. Bisa saja Gomes bakal mengikuti jejak pendahulunya dan kelak menjadi legenda klub.

3. James Rodriguez

James Rodriguez-Real Madrid

Salah satu pemain yang terus menerus dihubungkan dengan kepindahannya dari Real Madrid adalah superstar Kolombia, James Rodriguez. Didatangkan dengan nilai yang cukup besar usai penampilan memukau di pagelaran Piala Dunia 2014, Rodriguez gagal menunjukkan talentanya di Bernabeu.

Kapten Kolombia ini gagal mendapat tempat reguler dan hanya menjadi pilihan kedua dari Isco dan bahkan youngster El Real Marco Asensio. Masih berusia 25 tahun, tak ada yang bisa diragukan atas talenta yang dimilikinya.

Diberkahi dengan kemampuan mengontrol bola dengan sekali sentuhan, visi yang bagus dan bisa mencetak gol, James mampu membuat bencana untuk pertahanan lawan dengan beberapa umpan terobosannya, umpan silang terarah dan kecepatan lari yang di atas rata-rata. Seorang pemain sempurna bernomor punggung 10, James bakal berkembang dengan skuat United jika bergabung.

Salah satu aspek yang menarik tentang Jose Mourinho dengannya, di mana mereka memiliki agen yang sama yakni Jorge Mendes. Tak akan ada kesulitan nampaknya bagi United untuk mendatangkannya.

4. Dele Alli

Dele Alli-Spurs

Karier pemuda 20 tahun ini sangat melejit, di mana Dele Alli menjadi pemain Tottenham yang paling konsisten di Liga Inggris. Dia bahkan sudah diminati oleh sejumlah klub top Eropa untuk dibawa di musim panas mendatang.

Real Madrid, Barcelona, dan Manchester United berlomba-lomba dalam merayu youngster muda asli Inggris ini. Alli bisa bermain di banyak posisi di area serang, dan jika Rooney memang hengkang dari United di akhir musim nanti, pemain 20 tahun ini akan menjadi pengganti yang pas untuk Red Devils.

Aksi-aksi dari Alli musim ini begitu menarik, di mana ia mampu membuat umpan jarak jauh yang tepat dan kemampuan mencetak golnya begitu tinggi. Penempatan posisi serta naluri pembunuh di dalam kotak penalti lawan menjadi nilai plus dari Alli. Meski begitu ada sedikit ganjalan bahwa Alli pernah menyatakan bahwa dirinya merupakan seorang fans berat Liverpool, yang notabene musuh bebuyutan Setan Merah.

5. Thomas Muller

Manchester City v FC Bayern Muenchen - UEFA Champions League

Salah satu pemain dengan reputasi besar di jagat sepakbola saat ini, Thomas Muller sedang dalam fase terburuk sepanjang kariernya di Bayern Munchen musim ini. Kerap menjadi pencetak gol dan biasanya sering bersaing dalam perebutan golden boot di Bundesliga, Muller musim ini hanya mampu menorehkan dua gol saja. Berkat penampilan buruknya itu, pemain serba bisa ini di tempatkan ke bangku cadangan oleh Carlo Ancelotti.

Sementara Muller mungkin tengah kesulitan musim ini, tak ada keraguan atas semua kualitasnya. Bisa bermain di segala posisi, Muller salah satu pemain versatile yang paling berbahaya dalam hal mencetak gol. Dia bisa bermain nyaman di posisi sebagai striker, second striker, playmaker bahkan gelandang bertipikal no.8 sekalipun.

Jika benar, Muller akan menjadi pengganti yang sangat cocok untuk Wayne Rooney. Manchester United tak bisa dikesampingkan soal mengeluarkan dana jor-joran untuk seorang pemain. Jadi, tunggu saja kejutan apa yang sudah dipersiapkan Mourinho dan manajemen tim untuk memperkuat skuatnya musim depan.

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini